Bab VIII
- Pengertian Strategi Pembelajaran
- Hamzah B. Uno (2008:45)
Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu diperhatikan guru dalam proses pembelajaran.
- Dick dan Carey (2005:7)
Strategi pembelajaran adalah komponen-komponen dari suatu set materi termasuk aktivitas sebelum pembelajaran, dan partisipasi peserta didik yang merupakan prosedur pembelajaran yang digunakan kegiatan selanjutnya.
- Suparman (1997:157)
Strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran peserta didik, peralatan dan bahan, dan waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
- Hilda Taba
Strategi pembelajaran adalah pola atau urutan tongkah laku guru untuk menampung semua variabel-variabel pembelajaran secara sadar dan sistematis.
- Gerlach dan Ely (1990)
Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu.
- Kemp (1995)
Stategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien
- Pengembangan Strategi Pembelajaran
Pengembangan strategi pembelajaran merupakan hal yang penting setelah pendukung yang lain, dalam upaya mewujudkan pembelajaran yang dilaksanakan lebih secara mandiri oleh siswa itu sendiri,kompetitif dan bertanggungjawab.Strategi pembelajaran yang dimaksud atau yang dikembangkan diharapkan dapat membantu para guru/pengajar untuk dapat mencapai tujuan belajar yang direncanakan. Selama ini pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru/pengajar kebanyakan hanya menekankan penyampaian pembelajaran.
- Komponen Strategi Pembelajaran
- Urutan Kegiatan Instruksional
Komponen Pendahuluan :
- Penjelasan singkat isi materi
Pada permulaan pembelajaran, peserta didik ingin segera mengetahui apa yang akan dipelajarinya.
- Relevansi materi dengan pengalaman peserta didik yang akan lebih cepat mempelajari hal baru bila sesuatu yang akan dipelajarinya itu dikaitkan dengan sesuatu yang telah diketahuinya.
- Penjelasan tujuan pembelajaran
Tujuan instruksional berisi kemampuan yang akan dicapai peserta didik pada akhir proses belajarnya.
Komponen Penyajian :
- Uraian
Adanya penjelasan tentang materi pelajaran atau konsep, prinsip, dan prosedur yang akan dipelajari peserta didik.
- Contoh
Benda atau kegiatan yang terdapat dalam kehidupan peserta didik sebagai wujud dari materi yang sedang diuraikan.
- Latihan
kegiatan peserta didik dalam rangka menerapkan konsep, prinsip, atau prosedur yang sedang dipelajarinya ke dalam praktik yang relevan dengan pekerjaan atau kehidupannya sehari-hari.
Komponen Penutup :
- Tes formatif dan umpan balik
Satu set pertanyaan untuk dijawab atau seperangkat tugas untuk dilakukan untuk mengukur kemajuan belajar mahasiswa setelah menyelesaikan suatu tahap pelajaran.
- Tindak lanjut
Kegiatan yang dilakukan mahasiswa setelah melakukan tes formatif dan mendapatkan umpan balik.
- Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran berfungsi sebagai cara dalam menyajikan (menguraikan, memberi contoh, dan memberi latihan) isi pelajaran kepada mahasiswa untuk mencapai tujuan tertentu. Macam-macam metode pembelajaran :
- Metode Ceramah
- Metode Demonstrasi
- Metode Penampilan
- Metode Diskusi
- Metode Studi Mandiri
- Metode kegiatan pembelajaran terprogram
- Metode latihan dengan teman
- Metode Simulasi
- Metode sumbang saran atau pendapat
- Metode Studi Kasus
- Metode Computer Assisted Learning (CAL)
- Metode Praktikum
- Metode Insiden
- Metode Proyek
- Metode Bermain Peran
- Metode Seminar
- Metode Simposium
- Metode Tutorial
- Metode Deduktif
- Metode Induktif
- Pertimbangan dalam memilih media
- Biaya yang lebih murah, baik pada saat pembelian maupun perawatan.
- Kesesuaiannya dengan metode pembelajaran
- Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik.
- Pertimbangan praktis ( mudah dibawa, aman, daya tahan dan kemudahan perbaikan)
- Ketersediaan media tersebut berikut suku cadangnya di pasaran serta ketersediaannya bagi peserta didik.
- Waktu
Komponen terakhir dalam strategi pembelajaran adalah waktu, yaitu jumlah waktu dalam menit yang dibutuhkan oleh pengajar dan peserta didik untuk menyelesaikan setiap langkah pada urutan kegiatan pembelajaran.
D. Langkah Pengembangan Strategi Pembelajaran
a. Langkah pertama mengembangkan strategi pembelajaran adalah mengidentifikasi urutan pengajaran dan mengelola kelompok konten/materi dengan menggunakan analisis pembelajaran, mulai dari kemampuan tingkat rendah dan berlanjut secara hirarkhis.
b. Kedua, ketika pembelajaran meliputi penggunaan beberapa peralatan atau peralatan tunggal.
c. Ketiga, ketika kebosanan menjadi hasil akhir dari perkiraan, kelelahan, langkah demi langkah urutan. Jika ini terjadi, lebih baik mengorbankan beberapa kecakapan dari urutan ideal dan menghentikannya kemudian menggantikannya dengan minat dan motivasi.
d. Keempat, Pembelajaran berkelompok langkah ini berhubungan dengan ukuran pengelompokan materi yang akan disajikan dalam pembelajaran.
Anda harus mempertimbangkan lima faktor berikut ketika menetapkan jumlah informasi yang akan disajikan:
1. Tingkat usia para pembelajar
2. Kompleksitas materi pembelajaran
3. Tipe belajar yang akan diadakan
4. Aktivitas belajar yang dapat memfokuskan pada penugasan
e. Kelima,Besarnya waktu yang dibutuhkan Desainer sering mengarahkan pengelompokan belajar pada dua atau tiga hari kerja atau dalam semester.
kumpulan makalah elektro
0 Response to "MATERI PERENCANAAN PENGAJARAN BAB VIII. PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN"
Post a Comment